Redesain Digital Nudge pada Aplikasi Ride Hailing untuk Meningkatkan Konsumsi yang Bertanggung Jawab di Kalangan Pemuda
Abstract
Konsumsi yang bertanggung jawab menjadi tujuan penting untuk menjaga ketahanan dan keberlanjutan. Salah satu kebutuhan konsumsi utama saat ini adalah transportasi online atau ride hailing. Tetapi perilaku konsumsi yang bertanggung jawab pada sektor ride hailing di Indonesia masih sangat minim. Perilaku masyarakat pada lingkungan digital dapat diarahkan dengan digital nudge.
Penelitian sebelumnya menemukan bahwa digital nudge terkait konsumsi yang bertanggung jawab pada aplikasi ride hailing belum digunakan oleh generasi muda. Penelitian ini bertujuan merancang ulang teknik nudging terkait konsumsi yang bertanggung jawab serta menguji prototipe. Penelitian ini dilaksanakan dalam 5 tahapan yakni perumusan research-based persona, pembangkitan ide redesain menggunakan SCAMPER, pembuatan prototipe, uji kegunaan, dan wawancara. Prototipe redesain berhasil meningkatkan penggunaan fitur terkait konsumsi yang betanggung jawab sebesar 26,7%. Responsible consumption is an important goal to maintain resilience and sustainability. One of the main consumption needs today is online transportation or ride hailing. However, responsible consumption behavior in the ride hailing sector in Indonesia is still very minimal. People's behavior in the digital environment can be directed with digital nudge. Previous research found that digital nudges related to
responsible consumption on ride hailing applications have not been used by the younger generation. This research aims to redesign nudging techniques related to responsible consumption, as well as testing prototypes. This research was carried out in 5 stages, namely formulating research-based personas, generating redesign ideas using SCAMPER, making prototypes, usability testing, and interviews. The redesign prototype succeeded in increasing the use of features related to responsible consumption by 26.7%.
Collections
- UT - Computer Science [2242]